KWARCAB 12 GERAKAN PRAMUKA KOTA PADANG PANJANG MENGIKUTI KEGIATAN JOTA - JOTI 2023

 

Sebanyak 59 anggota pramuka Kota Padang Panjang, terdiri perwakilan Gugus Depan, Dewan Kerja Cabang, Pramuka Peduli, ikut berpartisipasi pada kegiatan tersebut.

Jota edisi ke 86, dan Joti ke-44 diselenggarakan Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Republik Indonesia (RI), pada 20 sampai 22 Oktober 2023.

Jota-Joti merupakan kegiatan tahunan kepanduan digital terbesar di dunia, yang dikelola oleh World Organization of Scout Movement (WOSM).

Mengikuti event itu, Kwarcab Kota Padang Panjang bekerja sama dengan Organisasi Radio Amatir Republik Indonesia (Orari) Lokal Kota Padang Panjang, untuk bisa terhubung dengan peserta daerah lain melalui saluran radio amatir.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Padang Panjang  Sonny Budaya Putra, AP,M.Si mengatakan, "Melalui kegiatan Jota-Joti tersebut merupakan salah satu cara mengenalkan kepada generasi muda, terkait manfaat positif kemajuan teknologi. Sehingga mereka dapat memanfaatkannya untuk berbagai hal positif, yang bermanfaat bagi pengembangan diri dan masa depan mereka,”

Sementara itu Ketua ORARI Lokal Padang Panjang, Ferix Sonanda (YB5CF) sangat menyambut baik kegiatan tahunan ini, walaupun beliau agak sedikit kecewa dengan lambatnya surat pelaksanaan kegiatan ini diterima oleh pihak ORARI. "Untung saja ORARI Daerah Sumatera Barat lebih dahulu memberikan instruksi  untuk meyiapkan Izin Amatir Radio Khusus JOTA ini 2 minggu sebelum kegiatan". ucap Ferix 

Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet (JOTA-JOTI) Nasional tahun 2023 telah dibuka pada hari Jumat, 20 Oktober 2023 pada pukul 16.00 WIB.

Hal tersebut disampaikan secara resmi oleh Kwartir Nasional melalui Surat Undangan Pembukaan dan Penutupan JOTA-JOTI Nasional Tahun 2023 yang diedarkan pada hari ini, Kamis (19/10/2023) kepada para Ketua Kwartir Daerah.

Disebutkan dalam surat undangan bernomor 0978-00-N bahwa pembukaan JOTA-JOTI Nasional diselenggarakan secara daring melalui aplikasi zoom dengan meeting ID : 889 4683 2308 dan passcode : jojoid2023 atau klik tautan berikut : s.id/jojoid

Sementara penutupan JOTA-JOTI Nasional dijadwalkan pada hari Minggu, 22 Oktober 2023 pukul 16.00 WIB yang juga secara daring melalui aplikasi Zoom. 


 

Peserta Jota sedang melaksanakan Praktek Komunikasi Radio 2 Meter Band 


Pengarahan singkat oleh Ketua Orari Lokal Padang Panjang untuk adik - adik Pramuka sebelum melakukan komunkasi radio 

 





Belajar singkat tentang sejarah ORARI dan Tata cara komukasi Radio
 
 
Untuk menambah semangat para peserta anggota Pramuka dan Kwartir Cabang lain yang berpartisipasi dan sempat berkomunikasi pada kegiatan JOTA - JOTI 2023 ini, Kwarcab 12 Gerakan Pramuka Padang Panjang bersama ORARI Lokal Kota Padang Panjang menerbitkan sertifikat kegiatan yang dapat di unduh di SINI 
Atau silahkan scan Barcode dibawah ini :



Comments